Kamis, 06 Agustus 2009

Latar Belakang Masalah


Setiap perusahaan baik bergerak dalam bidang manufaktur maupun jasa tentunya memiliki kantor sebagai tempat pimpinan beserta stafnya untuk melaksanakan aktivitas sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Pada divisi atau bagian apapun seperti bagian pemasaran, bagian produksi, bagian keuangan dan sumber daya yang pekerjaan sehari-harinya berada di dalam kantor tentu membutuhkan perlengkapan kantor untuk menunjang terlaksananya pekerjaan tersebut. Perlengkapan kantor perlu disediakan untuk membantu proses pekerjaan kantor seperti penulisan surat, pencatatan dokumen-dokumen kantor, penggandaan dokumen, pengarsipan dan kegiatan perkantoran lainnya.

Dalam hal penyediaan perlengkapan kantor yang perlu dipertimbangkan adalah jenis-jenis perlengkapan kantor yang semakin modern yang dapat mempermudah terlaksananya pekerjaan kantor. Namun hal tersebut perlu disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan keadaan keuangan perusahaan yang tersedia untuk keperluan pengadaan perlengkapan kantor. Pemilihan perlengkapan kantor yang sesuai dengan kondisi perusahaan akan menciptakan efisiensi, baik waktu maupun biaya.

Untuk menjaga tersedianya perlengkapan kantor yang mencukupi dibutuhkan pengelolaan yang baik. Pengadaan atau penyediaan perlengkapan kantor membutuhkan perencanaan dan prosedur yang baku untuk menghindari pemborosan. Selain itu penyimpanan dan pemeliharaan perlu dilakukan untuk menghindari berbagai macam kerusakan atau kehilangan. Jika pengelolaan perlengkapan kantor tidak dilaksanakan dengan baik mungkin akan menimbulkan masalah seperti mesin yang rusak, persediaan alat tulis kantor yang tidak mencukupi atau perabot kantor yang tidak nyaman untuk digunakan. Hal ini tentunya akan menghambat pekerjaan-pekerjaan dan menimbulkan inefisiensi. Untuk itu pada setiap perusahaan perlu ada bagian khusus yang mengelola perlengkapan kantor agar masalah-masalah tersebut dapat dihindari.

Dari dasar pemikiran di atas, penulis tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai pengelolaan terhadap perlengkapan kantor pada Divisi Jalan dan Jembatan PT Hutama Karya (Persero) dan menyusun laporan hasil praktik kerja lapangan dengan judul “Tinjauan Pengelolaan Perlengkapan Kantor pada Divisi Jalan dan Jembatan PT Hutama Karya (Persero)”

0 komentar:

Posting Komentar